PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFFERENTIATED INSTRUCTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Laela Sagita, M.Sc., Prodi Matematika UPY (2011) PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFFERENTIATED INSTRUCTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
Text
Prosiding 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar tidak hanya dari segi kecerdasan intelektual peserta didik tetapi juga dari segi gaya belajar, kesiapan peserta didik, serta minat belajar matematika (learning style, readiness, interest). Setiap pribadi peserta didik mempunyai keunikan masing-masing, hal ini menimbulkan terjadinya perbedaan learning style dari peserta didik. Salah satu tugas seorang guru adalah untuk membantu dan memfasilitasi peserta didik untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki dengan perbedaan karakter yang telah terbentuk oleh faktor di atas. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang dapat digunakan adalah Differentiated Instructions , yaitu salah satu cara belajar matematika yang digunakan untuk keberagaman karakter peserta didik. Langkah-langkah dalam menerapkan pembelajaran Differentiated Instructions diawali dengan pre-assessment yang digunakan untuk mengidentifikasi tipe gaya belajar peserta didik atau mengukur kemampuan awal peserta didik, dan selanjutnya adalah proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter peserta didik (by content, by proses, by product). Pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakter peserta didik akan memberikan hasil yang kurang maksimal, salah satunya dari hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika diperlukan penyesuaian terhadap learning style masing-masing peserta didik, dengan hal ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instructions , learning style, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 05 Oct 2016 02:20
Last Modified: 05 Oct 2016 02:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item