GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS VB SD BONGGALAN SRIGADING SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Heri Susanto, 12144600144 (2016) GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS VB SD BONGGALAN SRIGADING SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Dokumen BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB VI dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik dan untuk mengetahui tipe gaya belajar yang lebih dominan digunakan oleh peserta didik yang memiliki prestasi belajar tertinggi pada lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn). Penelitian ini dilakukan di kelas VB SD Bonggalan, Srigading, Sanden, Bantul tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa berprestasi belajar di kelas VB SD Bonggalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan uji kredibilitass, depenabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memproses dan mengolah informasi peserta didik berprestasi belajar di kelas VB SD Bonggalan menggunkan kombinasi dari gaya belajar visual, auditoris, dan kinestetik. Karakteristik gaya belajar visual yang digunakan peserta didik berprestasi belajar di kelas VB SD Bonggalan yaitu, 1) rapi dan teratur, 2) nada bicara cepat, 3) teliti meskipun terhadap hal-hal kecil, 4) lebih mengutamakan penampilan baik dalam hal pakaian maupun presentasi, 5) saat membaca cepat dan tekun. Karakteristik gaya belajar auditoris yang digunakan peserta didik berprestasi belajar di kelas VB SD Bonggalan yaitu, 1) konsentrasi mudah terganggu jika ada keributan, 2) senang membaca dengan keras dan mendengarkan, 3) suka berbicara, 4) suka berdiskusi dan menjelaskan segala sesuatu panjang lebar. Karakteristik gaya belajar kinestetik yang digunakan peserta didik berprestasi belajar di kelas VB SD Bonggalan yaitu: 1) mendekati lawan bicara ketika melakukan percakapan, 2) menghafal dengan cara berjalan dan melihat, 3) banyak menggunakan isyarat tubuh, 4) tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama. Meskipun setiap peserta didik menggunakan kombinasi dari ketiga gaya tersebut, namun ada satu gaya belajar yang lebih dominan digunakan oleh peserta didikberprestasi belajar. Gaya belajar yang lebih dominan digunakan subjek penelitian berbeda-beda, ada yang kebih dominan menggunakan gaya belajar auditoris, dan ada yang lebih dominan menggunakan gaya belajar visual. Dari tiga subjek penelitian , dua peserta didik lebih dominan menggunakan gaya belajar auditoris, dan satu subjek penelitian lebih dominan menggunakan gaya belajar visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar peserta didik berprestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 Sep 2016 06:46
Last Modified: 02 Sep 2016 06:46
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item