PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR EFEKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 SENDANGREJO MINGGIR SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Oliv Tika Wulandari, 12144600086 (2016) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR EFEKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 SENDANGREJO MINGGIR SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar efektif siswa kelas V SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan Minggir Sleman tahun ajaran 2015/2016, untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Se- Gugus I Sendangrejo Kecamatan Minggir Sleman tahun ajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Minggir Sleman tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Se-Gugus 1 Sendangrejo Minggir Sleman dengan menggunakan metode penelitian survey dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara proposional random sampling. Adapun jumlah populasi 89 siswa dan sampel yang diambil sejumlah 72 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner, serta dokumentasi. Kesahihan dan kepercayaan dalam penelitian ini diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa SD Se-Gugus I Sendangrejo Minggir Sleman Yogyakarta dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebiasaan belajar efektif dilihat dari.mean empirik sebesar 57,09, sehingga kebiasaan belajar efektif siswa kelas V di SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan Minggir termasuk dalam kategori baik yaitu dengan persentase sebesar 62,50%. Variabel prestasi belajar matematika dilihat dari mean empirik sebesar 69,25, sehingga prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan minggir termasuk dalam kategori baik yaitu dengan presentase sebesar 43,06%. Serta Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien regresinya sebesar 1,144 dan nilai p sebesar 0,000, dan p < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Matematika, Kebiasan Belajar Efektif
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:24
Last Modified: 01 Sep 2016 03:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item