Ristiana Rahayuningsih, 12144600167 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS IV A SD KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (29MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas IV A SD Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Kasihan Bantul dengan jumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar kuesioner, lembar observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV A SD Kasihan Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi pada siklus I, siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi dan sangat tinggi sebanyak 74,19% dengan rata-rata kelas sebesar 80,61. Dan pada pelaksanaan tindakan siklus II siswa yang memiliki motivasi tinggi dan sangat tinggi meningkat sebanyak 93,55% dengan rata-rata kelas sebesar 83,68. Meningkatnya prestasi belajar IPS juga ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata setiap siklusnya. Pada pra siklus rata-rata prestasi belajar adalah 51,06 dengan persentase ketuntasan sebanyak 16,13%, pada siklus I rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 55,35 dengan persentase ketuntasan sebanyak 32,26%, dan pada siklus II rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 77,98 dengan persentase ketuntasan sebanyak 77,42%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) |
Subjects: | Psikologi > Pendidikan Psikologi Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 02:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 02:34 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/980 |
Actions (login required)
View Item |