RIDWAN ASHARI, 09144200035 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN LAYANAN INFORMASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan prestasi belajar (2) hubungan antara layanan informasi dengan prestasi belajar (3) hubungan antara layanan bimbingan belajar dan layanan informasi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping Sleman DIY Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 203 siswa, ukuran sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 127 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas logis. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis multifariat.(1) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping Sleman tahun ajaran 2015/2016.Dari hasil analisis data tersebut di atas diketahui bahwa signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) pada penelitian ini yang berbunyi tidak ada hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan prestasi belajar ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini yang berbunyi ada hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan prestasi belajar dinyatakan diterima. (2) Ada hubungan yang positif antara layanan informasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping Sleman tahun ajaran 2015/2016.Dari hasil analisis tersebut di atas diketahui bahwa 0,001 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) pada penelitian ini yang berbunyi tidak ada hubungan antara layanan informasi dengan prestasi belajar ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini yang berbunyi ada hubungan antara layanan informasi dengan prestasi belajar dinyatakan diterima. (3) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan belajar dan layanan informasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping Sleman tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa Koefisien determinan (R2) = 0,155 dan Freg = 0,798 dan nilai Ftabel 1,63. Hal ini menunjukkan bahwa nilai p < 0,012 yang berarti layanan bimbingan belajar dan layanan informasi secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi tidak ada hubungan antara layanan bimbingan belajar dan layanan informasi dengan prestasi belajar ditolak dan hipotesis alternatifnya (Ha) yang berbunyi terdapat hubungan antara layanan bimbingan belajar dan layanan informasi dengan prestasi belajar dinyatakan diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan belajar, layanan informasi, dan prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:32 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
View Item |