HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN LAYANAN PEMBELAJARAN DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR ASLIH KHATUL LATIFAH, 12144200144 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN LAYANAN PEMBELAJARAN DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
DOKUMEN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
DOKUMEN 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN 5.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan informasi dengan kemandirian belajar siswa, (2) hubungan antara layanan pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa, (3) hubungan antara layanan informasi dan layanan pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 siswa.Sampelpenelitianinisejumlah 32 siswa, pengambilansampelini dengan menggunakan teknik quota random sampling.Metodepengumpulan data dalampenelitianinidigunakandokumentasidanangket yang divalidasidenganvaliditaskonstruk.Teknikanalisis data denganmenggunakan analisiskorelasiproduk moment dananalisisregresiganda. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa (1) Ada hubungan yang positif antara layanan informasi dengan kemandirian belajar siswa,denganmengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,506 dengan p = 0,003 < 0,05, yang berarti semakinbaiklayananinformasipadasiswa, makasemakintinggikemandirianbelajarsiswa, (2) Ada hubungan yang positif antara layanan pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa denganmengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,673 dengan p = 0,000< 0,05, yang berarti semakinbaiklayananpembelajaranpadasiswamakasemakinbaikkemandirianbelajar padasiswa,(3) Ada hubungan yang positif antara layanan informasi dan layanan pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa denganmengetahui hasil perhitungan angka hargaFhitung= 14,922 dengan (p) 0,000< 0,05, yang artinya semakinbaiklayananinformasidanlayananpembelajaranpadasiswamakasemakinbai kkemandirianbelajarpadasiswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah dan guru Bimbingan Konseling bahwa layanan informasi dan layanan pembelajaranyang baik pada siswa mempunyai peran penting untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan layanan informasi dan layanan pembelajaran secara efektif dan efisien dengan pemahaman tentang potensi dan kemampuan diri bagi siswa yang merupakan faktor bagi terwujudnya peningkatan kemandirian belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi, layanan pembelajaran, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:58
Last Modified: 10 Aug 2016 07:58
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item