UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION SISWA KELAS VIII B MTs MA’HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MIFTAHUL HAER, 14155140006 (2016) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION SISWA KELAS VIII B MTs MA’HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan partisipasi belajar IPS. siswa kelas VIII B MTs. Ma’had Islamy Banguntapan tahun pelajaran 2015/2016 melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Tem Accelerated Instruction. 2) Meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII B MTs. Ma’had Islamy Banguntapan terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe tem Accelerated Instruction Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII B MTs Mahad Islamy Banguntapan berjumlah 34 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Partisipasi siswa kelas VIII B MTs. Ma’had Islamy Banguntapan Tahun pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Tipe Team Accelerated Instruction. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peningkatan partisipasi siswa yang berkategori minimal baik, pada pra siklus mencapai 29,41% meningkat pada siklus I 44,11% , meningkat pada siklus II 64,71% dan pada siklus III 82,35%. 2) Hasil belajar IPS siswa kelas VIII B MTs. Ma’had Islamy Banguntapan semester ganjil Tahun pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Tipe Team Accelerated Instruction. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS, pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM 15 siswa (44,12%), meningkat pada siklus I 19 siswa (59,38%) dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (75%), dan pada siklus III meningkat menajadi 26 siswa (81,25%).

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, hasil belajar, metode pembelajaran tipe team accelerated instruction
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 31 May 2016 04:54
Last Modified: 31 May 2016 04:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item