UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN SRUMBUNG 2 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MUH YUNUS, 12255140008 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN SRUMBUNG 2 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui upaya meningkatkan pemahaman nilai-nilai budi pekerti melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN Srumbung 2 Magelang tahun pelajaran 2014/2015; dan (2) Mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN Srumbung 2 Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Srumbung 2 Magelang tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah sebanyak 29 siswa. Peneliti melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri rangkaian kegiatan berupa perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan: kuesioner, observasi, tes prestasi belajar, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Tingkat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budi pekerti pada kondisi pra-siklus, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru kelas dikatakan bahwa pemahaman nilai-nilai budi pekerti siswa belum terbangun dengan baik. Rerata persilus, siklus I sebanyak 28 siswa (100%) masuk kategori kurang; Rerata siklus II Pertemuan I sebanyak 28 siswa (100%) masuk kategori cukup; dan meningkat pada Siklus II Pertemuan II dan III masing-masing sebanyak 28 siswa (100%) masuk kategori baik. (2) Hasil tes prestasi pra-siklus diperoleh nilai rerata 65; dan nilai terendah 55. Siklus I nilai rerata 67.08; dan nilai terendah 58,33. Siklus II nilai rerata 80; dan nilai terendah 58,33.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Nilai-Nilai Budi Pekerti, Prestasi Belajar Pkn, dan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 31 May 2016 04:39
Last Modified: 31 May 2016 04:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item