PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI GAMBIRAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IRWANTO POSANTUS ANJUR, 14155140036 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI GAMBIRAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (986kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS di SD Negeri GambiranTahun Yogyakarta Pelajaran 2015/2016. 2). Menjelaskan alasan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS digunakan di SD Negeri Gambiran Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Mendeskripsikan Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS di SD Negeri Yogyakarta Penelitian kualitatif digunakan sebagai pendekatan studi Penelitian ini, Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah. Keabsahan data ditentukan dengan cara: Triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berbeda. Analisis data yang digunakan Alur analisis mengikuti model analisis interaktif dilakukan dengan empat tahap, yaitu: 1) pengumpilan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Penggunaan media gambar dalam mata pelajaran IPS kelas IV-VI SD Negeri Gambiran, Yogyakarta sudah mencapai proses pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang memotivasi siswa, menciptakan suasana kelas yang kondusif, dan tidak monoton sehingga siswa begitu antusias menggikuti mata pelajaran IPS di kelas dengan mengunakan metode problem solving. 2). Alasan penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS Karena Media Gambar dalam pembelajaran merupakan alat bantu sebagai pengantar pesan atau informasi dari guru ke siswa, Guru memfasilitasi dan memotivasi peserta didik dengan menggunakan media gambar sehingga menumbuhkan motivasi dan keaktifan siawa. 3). Beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS di SDN Gambiran. Kelebihan adalah Sifatnya konkrit, Gambar dapat mengatasai masalah batasan ruang dan waktu, Media Gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan siswa, mudah didapat dan mudah digunakan, tanpa memerlukan peralatan yang khusus. sedangkan kekurangan adalah penghayatan tentang materi kurang sempurna, ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar, Sarana dan prasarana yang tersedia di SD Negeri Gambiran belum memadai.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 31 May 2016 04:28
Last Modified: 31 May 2016 04:28
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item