UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR PKn, DAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 34 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUTARTO, 11255140047 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR PKn, DAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 34 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (932kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX B SMP Negeri 34 Purworejo melalui model pembelajaran tutor sebaya, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX B SMP Negeri 34 Purworejo melalui model pembelajaran tutor sebaya, 3) meningkatkan kemampuan mengemukaan pendapat siswa pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX B SMP Negeri 34 Purworejo melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan Motivasi Belajar melalui metode pembelajaran tutor sebaya siswa kelas IX B SMP Negeri 34 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terlihat dari motivasi belajar siswa yang tergolong baik dan baik sekali pada prasiklus menunjukkan persentase 59,38% meningkat pada siklus I mejadi 75% dan pada siklus 90.63%. 2) Peningkatan Hasil belajar melalui metode pembelajaran tutor sebaya siswa kelas IX B SMP Negeri 34 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016, ditunjukkan dari peningkatan rata-rata hasil belajar mata pelajaran PKn pada pra siklus u 17 siswa (53.13%) yang mencapai nilai KKM  75, pada siklus I 23 siswa (71.88%) mencapai nilai KKM, dan pada siklus II 27 siswa (84.38%) mencapai nilai KKM. 3) Peningkatan Kemampuan Mengemukakan pendapat siswa kelas IX B SMP Negeri 34 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan persentase pada pra siklus terdapat rata-rata persentase kemampuan mengemukakan pendapat siswa 55,86%, meningkat pada siklus I 66,41% dan pada siklus II 82.03%.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, hasil belajar, kemampuan mengemukakan pendapat, metode tutor sebaya
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 May 2016 04:25
Last Modified: 31 May 2016 04:25
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item