HEDWIGIS RATRI MANDACAHYANTI, 11144600067 (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran tematik untuk kelas III SD, mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran tematik dan mengetahui ketuntasan siswa detelah menggunakan modul pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dari Bord and Gall. Prosedur pengembangan modul dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk, (6) revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan kuasioner. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor rentang skala 1 sd 5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskritif kualitatif kemudian dikonvensikan menjadi data kuantitatif skala lima untuk mengetahui kelayakan. . Hasil pengembangan menggunakan model pengembangan Kemp dan langkah penelitian model pengembangan Borg and Gall. Modul layak digunakan dilapangan . Hal ini ditunjukkan dengan skor dari validator 3,0 serta skor dari guru kelas III SD 3,2 dan termasuk dalam kategori “cukup baik”. Dari 66 siswa mendapat respon “baik” dan setelah menggunakan modul siswa mendapat nilai terendah 76 dan tertinggi 100 sehingga dikategorikan “Tuntas”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan modul, pembelajaran tematik, kelas III Sekolah Dasar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 28 May 2016 04:57 |
Last Modified: | 28 May 2016 04:57 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/771 |
Actions (login required)
View Item |