HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS BANYURADEN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Fajar Budhi Kurniawan, 11144600088 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS BANYURADEN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN DOKUMEN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
BAB V DAN DOKUMEN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar dan prestasi belajar IPS, dan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Se-Gugus Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 123 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan variabel kedisiplinan belajar (X) berada pada kategori sangat tinggi dengan presentase 50% yang dapat dilihat dari besarnya Mean (M) = 68,84 berada pada interval 63 < X. Variabel prestasi belajar (Y) berada pada kategori tinggi dengan presentase 59% yang dapat dilihat dari besarnya Mean (M) = 68,09 berada pada interval 59 < X ≤ 76. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung = 0,486 dengan ρ = 0, rtabel = 0,195, maka rhitung > rtabel dan ρ < 0,05. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 May 2016 08:39
Last Modified: 27 May 2016 08:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item