PENGARUH KEBUGARAN JASMANI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS TINGGI SD I DONOTIRTO KRETEK BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SRI WAHYUNI, 14155140011 (2016) PENGARUH KEBUGARAN JASMANI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS TINGGI SD I DONOTIRTO KRETEK BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, (3) Pengaruh kebugaran jasmani dan interaksi sosial secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data yang bersifat ex post facto. Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI SD I Donotirto Kretek Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test kesegaran jasmani untuk usia 10-12 tahun, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Ganda. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa mayoritas siswa memiliki kebugaran jasmani dalam klasifikasi kurang sebanyak 57,5%, mayoritas siswa memiliki tingkat interaksi sosial dengan kategori baik sebanyak 82,5%. Hasil pengujian regresi mendapatkan ; β = 0.395, thitung = 9.067 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) pada variabel kebugaran jasmani. Mendapatkan koefesien β = 0.090, thitung = 3.7952 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) pada variabel interaksi sosial siswa. Mendapatkan koefesien determinasi R = 0.580, Fhitung = 50.076 dengan p ≤ 0.05 (signifikan). Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa, kebugaran jasmani dan interaksi sosial siswa secara parsial maupun bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Semakin tinggi kebugaran jasmani dan interaksi sosial siswa maka semakin tinggi Prestasi belajar penjasorkes.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani, Interaksi Sosial, Prestasi Belajar Penjasorkes
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Kesehatan & Pengobatan > Kesegaran dan Kesehatan Jasmani
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 May 2016 04:30
Last Modified: 26 May 2016 04:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item