UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI SISWA KELAS IV B SD SONOSEWU KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Ibnu Oktavian, 11144600155 (2016) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI SISWA KELAS IV B SD SONOSEWU KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri pada siswa kelas IV B SD Sonosewu tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Sonosewu yang berjumlah 24 siswa terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dengan strategi pembelajaran inquiri. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta tes prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil Penelitian Tindakan Kelas bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat dari 64 pada pra siklus menjadi 71 pada siklus I dan 77 pada siklus II. Ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat dari 45% pada pra siklus menjadi 62,5% pada siklus I dan 79,5% pada siklus II. Prestasi belajar ini di dukung oleh aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari 73% pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 83% pada siklus II dengan kategori baik. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV B SD Sonosewu 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Strategi Pembelajaran Inquiri
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 May 2016 04:22
Last Modified: 26 May 2016 04:22
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item