Tri Haryani, 09144100131 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PRESTASI ALMUBTADI-IEN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf Download (858kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika siswa pada materi Prisma Tegak dan Limas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Islam Prestasi Almubtadi-IEN Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 26 siswa. Sedangkan objek penelitian ini yaitu aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam 3 pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif dengan rumus rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Islam Prestasi Almubtadi-IEN Bantul materi prisma tegak dan limas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. (1) pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) secara umum dilaksanakan dengan tahapan: presentasi kelas, diskusi kelompok, games dan tournament, penghargaan kelompok. (2) persentase rata-rata angket aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 65,05% (kriteria cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 76,11% (kriteria tinggi). (3) hasil belajar pada setiap siklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran yaitu 31,65 dan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 72,70 pada siklus I, dan 83,45 pada siklus II. (4) persentase ketuntasan sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran mencapai 11,53%, dan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran persentase ketuntasan meningkat menjadi 80,76% pada siklus I, dan 100% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas dan hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:24 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:24 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |