Yuliana Retnaningsih, 09144100067 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GUIDED INQUIRY SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 PURWOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui Model Guided Inquiry kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara guru matematika kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari dan peneliti ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,catatan lapangan, dokumentasi dan tes prestasi. Teknis analisis adalah deskritif kuantitatif dengan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Guided Inquiry dapat meningkatkan: (1) prestasi rata-rata siswa sebelum pembelajaran adalah 56,92 dengan ketuntasan 38,46% dengan kategori kurang dan setelah dilaksanakan pembelajaran meningkat menjadi 70,73 dengan ketuntasan mencapai 73,07% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 83,76 dengan ketuntasan mencapai 92,30 % dengan kategori tinggi; (2) keterlaksanaan pembelajaran Model Guieded Inquiry pada sikulus I sebesar 65% dengan kategori cukup meningkat menjadi 85% dengan kategori tingg pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini dengan Model Guided Inquiry dapat meningkatkan Prestasi Belajar matematika kelas VIIB SMP Negeri 2 Purwosari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Guided Inquiry, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 21 May 2016 03:07 |
Last Modified: | 21 May 2016 03:07 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/707 |
Actions (login required)
View Item |