HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN WAKTU LUANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PERSATUAN PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016

DIAH RAMDANI NURHIKMAH, 12144200132 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN WAKTU LUANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PERSATUAN PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN I.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan waktu luang dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Metode penentuan subyek dalam penelitian ini adalah populasi karena seluruh subyek populasi kami teliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan waktu luang dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,501 dengan p = 0,001 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin baik penggunaan waktu luang maka semakin tinggi prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016, sebaliknya semakin kurang baik penggunaan waktu luang maka semakin rendah prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Persatuan Ponjong tahun2015/2016. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan waktu luang yang bersifat positif sehingga prestasi belajar siswa tercapai lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling mampu mengembangkan pelaksanaan bimbingan sesuai dengan kemampuan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan waktu luang, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 21 May 2016 02:12
Last Modified: 21 May 2016 02:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item