DIAH RAMDANI NURHIKMAH, 12144200132 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN WAKTU LUANG DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PERSATUAN PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN I.PDF Download (1MB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V.PDF Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan waktu luang dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Metode penentuan subyek dalam penelitian ini adalah populasi karena seluruh subyek populasi kami teliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan waktu luang dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,501 dengan p = 0,001 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin baik penggunaan waktu luang maka semakin tinggi prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Persatuan Ponjong tahun 2015/2016, sebaliknya semakin kurang baik penggunaan waktu luang maka semakin rendah prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Persatuan Ponjong tahun2015/2016. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan waktu luang yang bersifat positif sehingga prestasi belajar siswa tercapai lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling mampu mengembangkan pelaksanaan bimbingan sesuai dengan kemampuan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan waktu luang, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 21 May 2016 02:12 |
Last Modified: | 21 May 2016 02:12 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/703 |
Actions (login required)
View Item |