MARYANI, 11144100109 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 PAJANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (845kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fungsi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pajangan pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pajangan tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, angket keaktifan, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu hasil observasi, catatan lapangan, angket keaktifan, tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pajangan pada pembelajaran matematika. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I 65,26% (kualifikasi cukup), pada siklus II 77,16% (kualifikasi tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 54,68 dengan persentase ketuntasan belajar 0% (kualifikasi rendah), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas 68,65 dengan persentase ketuntasan belajar 53,12% (kualifikasi cukup), dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 80,50 dengan persentase ketuntasan belajar 87,50% (kualifikasi tinggi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, keaktifan belajar siswa, hasil belajar matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 12 May 2016 04:14 |
Last Modified: | 12 May 2016 04:14 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/656 |
Actions (login required)
View Item |