UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) SISWA KELAS VIII F SMP N 1 TEMPEL

Arif Manto, 11144100089 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) SISWA KELAS VIII F SMP N 1 TEMPEL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1, hlm smpl-BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V-lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menelaah seluruh data baik data menggunakan deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F. Obyek penelitian adalah minat dan prestasi siswa pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII F melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata minat siswa pada pra siklus 55,61% kategori rendah, pada siklus I menjadi 68,03%kategori tinggi, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,13% kategori tinggi; (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada pra siklus 47,45%, pada siklus I menjadi 56,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat dan prestasi, pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 02:20
Last Modified: 12 May 2016 02:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item