AJI NURDIANTARl, 11144100123 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII F SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm.sampul,abstrak,persetujuan..hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammdiyah I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Obyek penelitian adalah pelaksanaan pemebelajaran matematikan dengan model kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai sumber yaitu lembar observasi, angket minat, tes prestasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pokok bahasan kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII F SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Peningkatan rata-rata presentase minat pra sikus adalah 49.81% kategori kurang kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 71.45% kategori cukup dan meningkat menjadi 80.36% pada siklus II dengan kategori tinggi. Rata-rata Prestasi pada pra siklus 58.39 dengan ketuntasan mencapai 15.15 % (kategori rendah). Setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71.85 dengan ketuntasan 54.55 % (kategori kurang). Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80.61 dengan ketuntasan 90.91 % (kategori tinggi). Hasil observasi kegiatan guru sebesar 82.5 % pada siklus I dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 92.5 % pada siklus II dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 72.12 pada siklus I dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 81.51 pada siklus II dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 12 May 2016 02:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 02:13 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/640 |
Actions (login required)
View Item |