DIAH AYU KUSUMA WARDANI, 11144100042 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) SISWA KELAS VIII B MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
BAB I.PDF Download (994kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
|
Text
BAB V.PDF Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas VIII B MTs Muhammadiyah Kasihan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 35 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, dan hasil tes belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dari hasil tes, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu nilai tes 58,98 (kualifikasi cukup) dengan ketuntasan sebesar 45,71% pada siklus I meningkat menjadi 78,33 (kualifikasi tinggi) dengan ketuntasan sebesar 80% pada siklus II; hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80,43% (kualifikasi tinggi) pada siklus I meningkat menjadi 86,95% (kualifikasi tinggi) pada siklus II; sedangkan hasil angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 80,82% yang berarti masuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 11 May 2016 03:27 |
Last Modified: | 11 May 2016 03:27 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/632 |
Actions (login required)
View Item |