UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS V SD KANGGOTAN PLERET, PLERET, BANTUL

Masyhudi Eka Purwana, 10144600186 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS V SD KANGGOTAN PLERET, PLERET, BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam pembelajaran Bahassa Indonesia dengan menggunakan media poster pada kelas V SD N Kanggotan, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Kanggotan, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta sejumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dan peneliti, sehingga peneliti ikut terlibat dalam proses pemelitian dari awal sampai akhir penelitian. Indikator keberhasilan dalam pembelajaran ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menghitung nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media poster dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V SD N Kanggotan, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I guru dan peneliti sepakat memberi batas kelulusan 70, dari batasan tersebut didapatkan hasil bahwa 19 atau 49,7% siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 67,6 . Pada siklus II batas kelulusan ditentukan sebesar 70. Dari batas kelulusan tersebut dinyatakan bahwa 32 orang siswa atau sekitar 82,1% siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 77,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Poster, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 07 May 2016 03:19
Last Modified: 07 May 2016 03:19
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item