UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PROJECT BASED LEARNING KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 PAJANGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ANTON WIBOWO, 14155140013 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PROJECT BASED LEARNING KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 PAJANGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm.sampul,abstrak,persetujuan...hingga daftar isi dan BAB I.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kerjasama, motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Pajangan Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data kerjasama belajar dengan menggunakan lembar observasi, motivasi dengan kuesioner dan hasil belajar ekonomi dengan tes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan ketercapaian indikator kerjasama belajar mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Pajangan Tahun 2015/2016. Ketercapaian Indikator kerjasama pada pra siklus 13,79%, siklus 1 sebesar 62,07%, dan pada siklus 2 sebesar 93,10%. Terdapat peningkatan ketercapaian indikator motivasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Pajangan Tahun 2015/2016. Ketercapaian indikator motivasi pada pra siklus 17,24%, siklus 1 sebesar 48,28%, dan siklus 2 sebesar 100%. Ketercapaian indikator hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Pajangan Tahun 2015/2016 mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebesar 10,34%, siklus 2 sebesar 37,93%, dan siklus 3 sebesar 93,10%. Siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada pra siklus sebanyak 3 siswa, siklus 1 sebanyak 11 siswa, dan siklus 2 sebanyak 27 siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kerjasama belajar, motivasi belajar, hasil belajar mata pelajaran ekonomi
Subjects: Ekonomi
Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 07 May 2016 02:29
Last Modified: 07 May 2016 02:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item