METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR

Mahilda Dea Komalasari, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

[img]
Preview
Text
artikel mahilda.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Disleksia merupakan gangguan belajar membaca, sehingga diperlukan penanganan untuk mengatasi permasalahan tersebut mengingat setiap peserta didik memiliki potensi yang sama untuk belajar. Terlebih lagi gangguan disleksia tidak berhubungan dengan kapasitas intelegensi. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mengetahui pengaruh metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia. Metode belajar yang dibutuhkan peserta didik disleksia untuk membantu mengatasi kesulitan membaca adalah metode yang dapat memfungsikan seluruh indera untuk mengenal atau mempelajari sesuatu, yaitu metode mutisensori. Dengan metode multisensori, peserta didik belajar dengan memanfaatkan kemampuan memori visual (penglihatan), auditori (pendengaran), kinestetik (gerakan), serta taktil (sentuhan).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: metode multisensori, disleksia, membaca
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Feb 2016 08:12
Last Modified: 12 Feb 2016 08:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item