UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO SENTOLO KULONPROGO

Burhanuddin Zaki Nurhuda, 11144600148 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO SENTOLO KULONPROGO. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL Burhanuddin Zaki Nurhuda (11144600148).pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo Sentolo, Kulon Progo melalui media Grafis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) dengan menggunakan desain berbentuk spiral yang terdiri dari 4 putara yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian adalah kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo, Sentolo Kulon Progo dengan jumlah seluruh siswa kelas IV sejumlah 19 siswa yang terdiri dari 7 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes evaluasi yang ditujukan untuk mengetahui prestasi, instrumen yang digunakan berupa soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Media Grafis pada pokok bahasan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangrejo, Sentolo, Kulon Progo. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari saat pra siklus (nilai ulangan) 67,89 dan pada saat siklus I menjadi 73,68 selanjutnya meningkat kembali saat siklus II menjadi 77,89. Peningkatan rata-rata nilai siswa tersebut tekah mencapai KKM pelajaran yang ditentukan yaitu ≥ 75. Untuk persentase ketuntasan belajar terjadi peningkatan dari 31,57% saat Pra Siklus (Nilai Ulangan) dan saat siklus I menjadi 52,60% dan meningkat kembali menjadi 89,47% saat siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan nilai tersebut telah mencapai persentase ketuntasan yaitu 80% yang di tetapkan SD Muhammadiyah Demangrejo, Sentolo Kulon Progo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, Media Grafis, IPS
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:51
Last Modified: 29 Jan 2016 03:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item