EFEKTIVITAS MEDIA PETA BUTA BERBASIS PUZZLE MULTIMEDIA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 2 PADOKAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Wijang Candi Kirana, 10144600137 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PETA BUTA BERBASIS PUZZLE MULTIMEDIA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 2 PADOKAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Wijang Candi Kirana (10144600137).pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar IPS siswa antara menggunakan media peta buta berbasis puzzle multimedia dibandingkan dengan media peta konvensional. Selain itu juga untuk mengetahui lebih efektif mana antara menggunakan media peta buta berbasis puzzle multimedia dengan media peta konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan desain eksperimental semu (Quasi Experimental Deisgn). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD 2 Padokan Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA dan IVB SD 2 Padokan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 53 siswa. Satu kelas dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas satunya sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, angket respons siswa, dan dokumentasi sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes yakni pretest dan posttest, kuesioner angket, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan bantuan komputer dengan software SPSS ver.16.0, sedangkan untuk menguji statistik menggunakan metode statistik parametrik yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan prestasi belajar IPS yang menggunakan media peta buta berbasis puzzle multimedia ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest siswa kelas IV SD 2 Padokan Kasihan Bantul Yogyakarta. Hal ini diketahui dari uji-t prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,000 < 0,05 atau sig < 0,05. (2) Adanya perbedaan prestasi belajar IPS yang menggunakan media puzzle konvensional ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest siswa kelas IV SD 2 Padokan Kasihan Bantul Yogyakarta. Hal ini diketahui dari hasil uji-t menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,0000. Dengan demikian, berarti nilai sig = 0,0000 < 0,05. (3) Penggunaan media peta buta berbasis puzzle multimedia belum efektif dibanding dengan penggunaan media peta buta puzzle konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Ini ditunjukan dari rata-rata nilai gain kelas kontrol yang lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Kelas kontrol memiliki rata-rata nilai gain 35,00, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai gain 21,60.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Media Peta Buta Berbasis Puzzle Multimedia, Media Peta Buta Puzzle Konvensional
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:42
Last Modified: 27 Jan 2016 04:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item