PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS KARAKTER DENGAN MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PATANGPULUHAN YOGYAKARTA

Ninda Ayu Asmarawati, 11144600078 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS KARAKTER DENGAN MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PATANGPULUHAN YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL NINDA AYU ASMARAWATI.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar. 2) Mengetahui kualitas isi serta tampilan bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar. 3) Mengetahui penilaian siswa terhadap bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar. 4) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Patangpuluhan Yogyakarta melalui bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Patangpuluhan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patangpuluhan Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan jumlah sampel seluruhnya 23 siswa. Pengembangan produk media kartu pintar dalam penelitian ini meliputi langkah-langkah yang terdiri atas: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) produk desain, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk dan 10) produksi massal. Pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar dilakukan melalui tahap yang sistematis. 2) Kualitas isi serta tampilan bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar berdasarkan penilaian validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,33 dalam kategori cukup layak. Penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 2,91 dalam kategori cukup layak. 3) Penilaian siswa terhadap bahan ajar IPA berbasis karakter pada uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 3,4 dalam kategori layak dan hasil penilaian pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa skor rata-rata sebesar 3,5 dalam kategori layak. 4) Bahan ajar IPA berbasis karakter dengan media kartu pintar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD N Patangpuluhan Yogyakarta yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dan sebagian besar telah mencapai kriteria ketuntasan. Pada siswa uji coba terbatas pada pretes memperoleh nilai rata-rata 5,5 dan sebagian besar belum tuntas (66,7%). Setelah postes menjadi 7,33 dan seluruhnya menjadi tuntas (100,0%). Sementara pada siswa uji coba lapangan saat pretes memperoleh nilai rata-rata 6,35 dan sebagian besar belum tuntas (52,9%). Setelah postes memperoleh skor rata-rata 7,82 dan sebagian besar tuntas (94,1%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar IPA, media kartu pintar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 26 Jan 2016 03:04
Last Modified: 26 Jan 2016 03:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item