PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOSAREN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

As Janah Verrawati, 12144600094 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOSAREN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
Dokumen II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Dokumen III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
Dokumen IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen V.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren Gamping Sleman tahun ajaran 2015/2016. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkahlangkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren Gamping Sleman yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara menghitung persentase ketuntasan dan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari persentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 41,67% dengan nilai rata-rata kelas 61,67, meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 67% dan nilai rata-rata 73,38. Meningkat lagi pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 92% dan nilai rata-rata kelas sebesar 83,25. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren Gamping Sleman tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping, prestasi belajar,IPS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:26
Last Modified: 01 Sep 2016 03:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item