Anisa Windari Septiani Putri, 12144600113 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2D BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen BAB I ;hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf Download (46MB) | Preview |
|
|
Text
Artikel.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media ditinjau dari aspek isi dan aspek pembelajaran, mengetahui kualitas media ditinjau dari aspek desain aplikasi dan komunikasi visual, mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media video animasi 2d, mengetahui respon guru terhadap penggunaan media video animasi 2d, mengetahui ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Pendowoharjo Sleman pada semester gasal. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD N Pendowoharjo sebanyak 29 siswa. Teknik dan pengumpulan data: angket, pedoman wawancara, pedoman observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri terdiri dari konversi skala 5, Guttman dan persentase skala 5. Hasil penelitian pengembangan ini adalah hasil kualitas media ditinjau dari aspek isi dan aspek pembelajaran berdasarkan ahli materi 1 menunjukkan skor total 82 dengan kriteria baik sedangkan berdasarkan ahli materi 2 menunjukkan skor 91 dengan kriteria sangat baik. Hasil kualitas media ditinjau dari aspek desain aplikasi dan komunikasi visual berdasarkan ahli media menunjukkan skor 72 dengan kriteriasangat baik sedangkan berdasarkan angket kualitas produk yang dinilai oleh guru kelas diperoleh peresentase 90% dengan kriteria sangatbaik. Hasil berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan media diperoleh persentase mencapai 91.72% dengan kriteria sangat tertarik. Hasil berdasarkan respon guru terhadap penggunaan mediadiperoleh peresentase90% memiliki kriteria sangat baik. Hasil penilaian sikap siswaterhadap 4 keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis berdasarkan hasil observasi pada uji coba kelompok kecildiperoleh persentase80% dengan kriteria baik dan pada uji coba kelompok besardiperoleh persentase80% dengan kriteria baik. Hasil ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada uji coba kelompok kecilmemperoleh skor 62,5% dengan kriteria cukup. Hasil ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada uji coba kelompok besar mencapai skor 82,75% dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran animasi 2D layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Video Animasi 2D, Adobe Flash CS6, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Komputer > Komputer Grafis Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 03:17 |
Last Modified: | 13 Jul 2017 03:01 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |