Ani Solikhah, 12144600063 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
DOKUMEN BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text
DOKUMEN BAB V.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD serta untuk mengetahui bagaimana pengembangan media gambar berseri, mengetahui kualitas media ditinjau dari aspek isi dan aspek tampilan, mengetahui daya tarik media menurut siswa SD, mengetahui daya tarik media berdasarkan hasil observasi, dan mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa siswa kelas II SD setelah menggunakan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia saat uji coba lapangan pada aspek mendengarkan, aspek membaca, aspek menulis, dan aspek berbicara. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Suryodiningratan 1 pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD N Suryodiningratan 1 sebanyak 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian ini meliputi (1) mengidentifikasi potensi masalah;(2) pengumpulan data (3) mendesain produk; (4) validasi pakar/ahli;(5) revisi; (6) uji coba produk terbatas; (7) revisi; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi; (10) produk akhir. Teknik dan pengumpulan data: pedoman wawancara, angket, observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi.. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan perhitungan prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara keseluruhan produk media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD ini layak untuk dikembangkan. Hal ini ditunjukkan dari hasil rekapitulasi kualitas media ditinjau dari aspek pembelajaran dan isi berdasarkan ahli materi 1 yang menunjukkan rerata 4,80 dengan kriteria sangat baik dan rerata 4,60 dengan kriteria sangat baik, sedangkan berdasarkan ahli materi 2 menunjukkan rerata 3,80 dengan kriteria baik dan rerata 3,80 dengan kriteria baik. Hasil kualitas media ditinjau dari aspek tampilan berdasarka nahli media menunjukkan rerata 4,13 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daya tarik siswa berdasarkan respon menunjukkan rerata 97,4 % dengan kriteria sangat baik, sedangkan daya tarik berdasarkan hasil observasi pada uji coba terbatas menunjukkan rerata 4,63 dengan kriteria sangat baik dan pada uji lapangan menunjukkan rerata 4,45 dengan kriteria sangat baik. Hasil peningkatan keterampilan berbahasa siswa yang meliputi aspek mendengarkan, membaca, dan berbicara pada uji coba terbatas mencapai 39,16 % dan pada uji coba lapangan peningkatan menunjukkan sebesar 42,37 %, sedangkan hasil peningkatan keterampilan berbahasa siswa pada aspek menulis pada uji coba terbatas mengalami peningkatan 4,16 % dan pada uji coba lapangan peningkatan menunjukkan sebesar 1,9 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Media Gambar Berseri, Peningkatan Keterampilan Berbahasa |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 06:59 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:59 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |