Pelatihan Memilih Bahan Ajar Mendongeng yang Menarik Sebagai Media Pembelajaran Anak-Anak TK/RA Ma’arif Candran Yogyakarta

Tri Ratna Herawati, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UPY and Titik Mulat Widyastuti, PAUD Universitas PGRI Yogyakarta (2024) Pelatihan Memilih Bahan Ajar Mendongeng yang Menarik Sebagai Media Pembelajaran Anak-Anak TK/RA Ma’arif Candran Yogyakarta. Pelatihan Memilih Bahan Ajar Mendongeng yang Menarik Sebagai Media Pembelajaran Anak-Anak TK/RA Ma’arif Candran Yogyakarta, 3 (1). pp. 21-27. ISSN E-ISSN: 2964-2493 P-ISSN: 2962-0430

[img] Text
Artikel Bu Ratna.pdf

Download (791kB)
[img] Text
Bu Ratna.pdf

Download (791kB)

Abstract

Salah satu manfaat mendengarkan cerita bagi anak adalah merangsang kreativitas anak, terutama kreativitas verbal. Kreativitas anak dapat dikembangkan melalui kegiatan mendengar cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan, motivasi,kreasi,dan inovasi bagi guru-guru TK RA Maarif Candran dalam pemilihan bahan ajar medongeng sebagai media pembelajaran yang menarik untuk anak-anak TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan, pendampingan, implementasi dan evaluasi. Hasil pelatihan terlihat peningkatan kreatifitas, motivasi dan karakter anak dalam pembelajaran di kelas dilihat dari rata-rata pre-test 10,45 dengan indikasi anak sedang dan rata-rata post-test sebesar 17,02 dengan indikasi kreativitas,motivasi dan karakter anak meningkat. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan, tingkat pemahaman guru meningkat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan 85,05% guru sudah mampu merancang, memilih, mengolah, memodifikasi berbagai macam media, baik benda gambar, atau alat peraga untuk dijadikan topik menarik dalam menyusun bahan ajar mendongeng. Guru mampu menerapkan strategi pembelajaran dengan pemilihan bahan ajar disesuaikan dengan karakter,minat,dan latar belakang sosial anak. Dengan demikian pemilihan bahan ajar akan sesuai dengan harapan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, khususnya di TK RA Maarif Candran Yogyakarta. Dengan pemilihan bahan ajar yang tepat dan menarik dapat membantu pemerintah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Mendongeng

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan
Bahasa
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Tri Ratna Herawati, M.Pd.
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:50
Last Modified: 19 Feb 2024 00:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item