Kemampuan Literasi Digital Matematis: Analisis Literatur Menggunakan Pendekatan Bibliometri Dengan Vos Viewer

Siti Musrifathul, Pendidikan Matematika and Palupi Sri Wijayanti, Prosa Pendidikan Matematika, UPY and Tri Ratna Herawati, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UPY (2023) Kemampuan Literasi Digital Matematis: Analisis Literatur Menggunakan Pendekatan Bibliometri Dengan Vos Viewer. Kemampuan Literasi Digital Matematis: Analisis Literatur Menggunakan Pendekatan Bibliometri Dengan Vos Viewer, 1 (1). pp. 31-38. ISSN 0000-0000

[img] Text
KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MATEMATIS.pdf

Download (481kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mempengaruhi perubahan dalam pembelajaran. Perubahan yang terjadi yaitu kegiatan belajar mengajar yang awal mulanya dilaksanakan secara tatap muka langsung menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring membutuhkan kesiapan kemampuan digital. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan kemampuan literasi digital khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian bertujuan menganalisis publikasi mengenai kemampuan literasi digital matematis untuk memberikan konstribusi terhadap pengembanga literatur yang saling berkaitan. Penelitian ini menggunakan analisisi blibiometri yakni analisis yang menerapkan metode statistic terhadap satu pilihan sebagai tempat untuk menyampiakan hasil peninjaun beberapa artikel teradap pencarian informasi. Kemudian, terdapat 100 artikel tentang literasi digital matematis yang diterbitkan didalam sumber data google scholar rentan tahun 2017 hingga 2022 yang dikutip dan di analisa menggunakan pendekatan analisa blibiometrik tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan bibliometrik. Penerapan dalam metode bibliometrik ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber data dalam suatu bidang penelitian. Metode yang digunakan untuk pencarian data pada penelitian ini menggunakan software Publish or perish atau Harzing, VosViewer, dan GoogleScholar. Hasil dalam peelitian ini berdasarkan pada Software Harzing mengungkapkan bahwa rentang tahun 2017 hingga tahun 2022 yaitu sebanyak 533 sitasi (ECC), sitasi petahun sebanyak 133,25 dan sitasi author sebanyak 8. Tertulis publikasi tertinggi tercatat pada tahun 2020 dan terendah pada tahun 2022. Kata kunci: analisis bibliometrik, kemampuan literasi, digital matematis

Item Type: Article
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Tri Ratna Herawati, M.Pd.
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:11
Last Modified: 15 Feb 2024 01:11
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item