ANALISIS INDIVIDUALIZED EDUCATIONAL PROGRAM (IEP) BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH INKLUSIF SMP NEGERI 1 SENTOLO TAHUN 2015/2016

Ukhti Shalihah, 12144300034 (2016) ANALISIS INDIVIDUALIZED EDUCATIONAL PROGRAM (IEP) BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH INKLUSIF SMP NEGERI 1 SENTOLO TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN I _ hLm. sampul, abstrak, persetujuan...pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB VI dan daftar pustaka+lampiran penting.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Individualized Educational Program (IEP) bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam pembelajaran PKn di Sekolah Inklusif SMP Negeri 1 Sentolo Tahun 2015/2016. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sentolo. Subjek penelitian ini adalah empat orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru PKn, guru pendamping/inklusi, dan anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan induktif dengan kajian naturalistik sehingga dapat menghasilkan kesimpulan berdasarkan dari data yang diperoleh. Keabsahan data ditempuh dengan strategi triangulasi data yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dengan data yang lainnya. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa Individualized Educational Program (IEP) diberikan oleh guru pendamping khusus ketika anak berkebutuhan khusus dengan ketunaan low vision kurang bisa memahami materi yang disampaikan guru mata pelajaran di dalam kelas. Anak berkebutuhan khusus tersebut akan dibawa ke ruangan khusus untuk mendapatkan penjelasan ulang mengenai materi oleh guru pendamping khusus. Adanya Individualized Educational Program (IEP), anak berkebutuhan khusus dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru pendamping khusus dan menerapkannya dalam keidupan sehari-hari, serta membantu mempermudah mengerjakan soal-soal latihan dengan kaca pembesar dan lampu belajar yang telah disediakan. Pada saat mengerjakan soal-soal latihan, anak berkebutuhan khusus tidak dituntut untuk setara dengan anak normal lainnya. Hal tersebut dikarenakan, jika anak berkebutuhan khusus bisa mengerjakan lima soal dari sepuluh soal yang diberikan sudah dapat dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Individualized Educational Program (IEP), Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 20 Aug 2016 03:48
Last Modified: 20 Aug 2016 03:48
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item