EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANDAK

FURY ALFIANI SAFITRI, 12144100089 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANDAK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
DOKUMEN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
DOKUMEN 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN 5.pdf

Download (177MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran langsung dan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Setelah itu, akan dilakukan uji t untuk mengetahui model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pandak. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pandak tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan bahwa, nilai pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal serta variansi kedua kelas homogen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t pada kelas kontrol diperoleh nilai t yaitu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Model Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:01
Last Modified: 15 Aug 2016 08:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item