UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

PEPI MAYASARI, 12144100039 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka-Lampiran Penelitian.pdf

Download (91MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa, 15 siswa putri dan 11 siswa putra, menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart yang pada setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes pemahaman konsep, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi guru dan siswa. Hasil observasi guru pada siklus I mencapai 72% (Kriteria Tinggi) dan siklus II naik menjadi 84% (Kriteria Tinggi). Hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran menunjukan peningkatan pada siklus I mencapai 69,45% (kriteria Tinggi) dan siklus II naik menjadi 83,35% (Kriteria Tinggi). (2) Persentase skor tes pemahaman konsep dengan pendekatan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia meningkat setiap siklusnya. Persentase rata-rata untuk tes Pra tindakan sebesar 60,56% (Kriteria Sedang), meningkat pada siklus I menjadi 66,26% (Kriteria Sedang), meningkat menjadi 76,74% (Kriteria Tinggi) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pendekatan Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 06:34
Last Modified: 15 Aug 2016 06:34
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item