Ajat Sudrajat, 12144100099 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ Cover, Halaman Judul, Lembar persetujuan pembimbing...BAB I.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
||
|
Text
Dokumen V dan Daftar Pustaka serta Lampiran Penting.pdf Download (798MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada pokok bahasan prisma melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebanyak 33 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru matematika dan peneliti. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Taggart, dengan tahapan penelitian: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pemahaman konsep matematika, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara kualitiatif, deskriptif maupun secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran matematika pada siklus I sebesar 84,80% dan pada siklus II sebesar 97,55%. Persentase rata-rata pemahaman konsep matematika kelas dari tes prasiklus sebesar 45,93%, persentase rata-rata pemahaman konsep matematika pada siklus I sebesar 71,75%, pada tes siklus II mengalami peningkatan rata-rata pemahaman konsep matematika dari siklus I sebesar 71,75% menjadi 80,89%. Adapun peningkatan persentase pemahaman konsep setiap indikator diuraikan sebagai berikut: menyatakan ulang sebuah konsep meningkat dari 82,22% menjadi 95,56%, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya meningkat dari 50% menjadi 78,89%, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep meningkat dari 75,56% menjadi 93,33%, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi meningkat dari 67,78% menjadi 72,22%, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep meningkat dari 81,11% menjadi 92,22%, mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah meningkat dari 73,33% menjadi 76,67%, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu meningkat dari 72,22% menjadi 75,56%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:19 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:19 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/933 |
Actions (login required)
View Item |