PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMANSARI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NURWAHYU MUNAWAROH, 12144600179 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMANSARI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1, Halaman Depan dan BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V, Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (88MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media ditinjau dari kevalidan penilaian terhadap media yaitu kevalidan dari ahli materi dan media terdiri dari aspek desain aplikasi dan komunikasi visual dan aspek rekayasa perangkat lunak, angket respon siswa, respon guru, observasi pelaksanaan uji coba dan hasil pre-test dan post-tes siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tamansari 2 Yogyakarta pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tamansari 2 Yogyakarta sebanyak 24 siswa. Teknik dan pengumpulan data: lembar validasi, pedoman wawancara, pedoman respon guru, angket respon siswa, pedoman observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri dari konversi skala 5 dan persentase skala 5. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi dengan jumlah skor 67 dengan kriteria baik. Ahli media menilai produk dari aspek desain aplikasi dan komunikasi visual dengan jumlah skor 86 dalam kriteria sangat baik dan aspek rekayasa perangkat lunak dengan jumlah skor 38 dalam kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa uji coba terbatas diperoleh persentase 80% tergolong dalam kriteria baik. Hasil observasi aktivitas siswa uji coba lapangan diperoleh persentase 90% tergolong dalam kriteria sangat baik. Hasil rata-rata dari nilai pre-test 63,13 dengan persentase 63,13% dengan kriteria cukup. Sedangkan rata-rata dari nilai pos-test 75,41 dengan persentase 75,41% dengan kriteria baik. Dari 24 siswa, semua siwa sudah mencapai nilai KKM ≥ 60 dengan persentase 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh persentase 90% dalam kriteria sangat baik dan uji coba lapangan diperoleh persentase 94,17% dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil respon guru terhadap media pembelajaran yaitu media pembelajaran berbasis Lectora Inspire mudah digunakan dan sudah sesuai, sehingga sudah layak jika digunakan untuk mengajar kepada anak-anak pada materi membaca aksara jawa, sandhangan dan pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Aksara Jawa
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Bahasa > Bahasa Indonesia > Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:18
Last Modified: 11 Aug 2016 04:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item