PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 GAMPING TAHUN 2015-2016

YOVIE KISWIDYANTORO, 12144200117 (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 GAMPING TAHUN 2015-2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB I (i-4) (hal sampul, abstrak dst..).pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II (5-36).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III (37-55).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV (56-66).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V (67-95) (daftar pustaka, lampiran penting..).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Gamping tahun 2015-2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Gamping tahun 2015-2016 sebanyak 192 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan bimbingan kelompok terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Gamping tahun 2015-2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,565 dengan p = 0,000. Dengan demikian semakin baik dan efektif pemberian bimbingan kelompok kepada siswa maka semakin baik keaktifan belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pemberian bimbingan kelompok maka semakin kurang keaktifan belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Peran penting bimbingan kelompok dalam upaya mewujudkan semangat belajar siswa yang tinggi sehingga dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, keaktifan belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 14 Jul 2016 05:27
Last Modified: 14 Jul 2016 05:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item