UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIIID MTs NEGERI BANTUL KOTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Penelitian Tindakan Kelas)

SUDARYANTO, 13155140039 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIIID MTs NEGERI BANTUL KOTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Penelitian Tindakan Kelas). Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dalam menguasai pelajaran PKn. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn Siswa Kelas VIIID melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID MTs Negeri Bantul Kota. Pengumpulan data dan analisis data dilakukan melalui pengamatan, quesionner dan kajian dokumen. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Motivasi Belajar PKn dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hal ini dibuktikan dengan kondisi nilai rata-rata motivasi pra siklus 59,32 dapat ditingkatkan menjadi 70,13 pada siklus I, dan menjadi 76,85 pada siklus II. Sementara itu kondisi Prestasi belajar PKn dapat ditingkatkan juga melalui metode pembelajaran kooperatif Group Investigation. Hal ini dibuktikan dari nilai hasil belajar pra siklus 51,29 meningkat menjadi 77,65 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,77 pada siklus II. Di samping itu capaian hasil belajar pada pra siklus, tidak satupun siswa mencapai KKM(73), dapat ditiingkatkan menjadi 27 siswa atau 87% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 29 siswa atau 94% pada siklus II. Indikator keberhasilannya apabila 75% siswa atau lebih dapat mencapai KKM (73).

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif dan Group Investigation
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 May 2016 03:24
Last Modified: 30 May 2016 03:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item