Setya Purnama, 15144600170 (2022) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD N SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
SETYA_IMPLEMENTSASI GERAKAN LITERASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah di SD N Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SD N Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah serta siswa SD N Suryodiningratan 2 Yogyakarta . Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan melles and hubermen meliputi pengumpulan data, reduksi dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan implementasi gerakan literasi sekolah di SD N Suryodiningratan 2 Yogyakarta yaitu: (1) Tahap pembiasaan meliputi : (a) Kegiatan litrasi diselenggarakan dipagihari selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai; (b) Setelah membaca guru meminta siswa untuk menulis hasil dari buku yang dibaca ; (c) Pada kegiatan litrasi guru dan warga sekolah lain terlibat penuh karena sudah terjadwal; (d) Terdapat pojok baca yang berguna untuk menyimpan buku bacaan non pelajaran sehingga siswa mudah untuk membaca diluar jam pelajaran; (e) Sosialisasi yang diadakan oleh sekolah adalah dengan lomba karya yang diikuti oleh siswa; (f) Guna menunjang kegiatan litrasi terdapat poster dan ruang aspirasi yang terdapat disetiap kelas.; (g) Sekolah melibatkan pihak lain untuk terlibat dalam kegiatan litrasi dengan cara sumbang buku; (2) Tahap Pengembangan meliputi; (a) Guru memberikan waktu kepada siswa untuk menanggapi buku bacaan berkaitan dengan evaluai yang dikaitkan dengan kehidupannyata; (b) Siswamerasa senang dengan koleksi buku yang ada; (c) Terdapat sumbang buku secara berkelanjutan; (d) Siswa senang diberikan perhatian berkaitan dengan kegiatan litrasi yaitu lomba cerita; (e) Tim litrasi berkerjasama dengan surat kabar ; (3) Tahap Pembelajaran meliputi; (a) Sekolah sudah mengadakan buku evaluasi secara menyeluruh disemua matapelajaran; (b) Guru menuangkan kegiatan litrasi yang menarik dengan terdapat di RPP dan Silabus seperti bermain game ular tangga dan lempar bola; (c) Untuk menanggapai buku bacaan guru menyesuaikan dengan jenjang kelas dan kemampuan siswa sendiri ; (d) Guru sering mengajak siswa pembelajaran diluat kelas seperti di perpustakaan sehingga siswa tidak bosan ; (e) Sekolah membuat buku karya siswa dan guru juga memberikan nilai lebih kepada siswa yang berani tampil bercerita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Gerkan dan Litrasi Sekolah |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 01:55 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 01:55 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7439 |
Actions (login required)
View Item |