Sri Istiqomah, 181442000 (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGGAYAM TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
SRI ISTIQOMAH_EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Karanggayam Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre- eksperimental dengan jenis onegroup pretet-posttest design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan angket dengan populasi satu kelas. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanggayam Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis uji T-Test diperoleh nilai t = -35,104 dengan signifikan = 0,000 < 0,05 yang artinya pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik roleplaying berpengaruh positif dan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling vi dapat menerapkan kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dengan efektif sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok, role playing, kepercayaan diri |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 02:32 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 02:32 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7419 |
Actions (login required)
View Item |