Anggit Wisnugroho, 16144200145 (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MAN 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
ANGGIT_PERAN GURU BK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa MAN 2 Bantul Tahun Ajaran 2021/2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan motivasi belajar siswa, didalam penelitian ini di jelaskan bagaimana pengaruh motivasi terhadap perkembangan prestasi belajar di MAN 2 Bantul. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, dan perwakilan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan motivasi belajar sangatlah penting karena sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi siswa. Hal ini dapat ditunjukkan terhadap siswa yang mendapat motivasi prestasinya lebih baik dibanding siswa yang tidak mendapatkan motivasi dari guru bimbingan dan konseling. Artinya peran guru bimbingan dan konseling terhadap pelaksanaan motivasi belajar sangatlah penting.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru dan Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 02:21 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 02:21 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7369 |
Actions (login required)
View Item |