UPAYA PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR MELALUI TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB GANDA DAYA ANANDA TAHUN AJARAN 2017/2018

Wiji Lestari, 141 442 000 01 (2018) UPAYA PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR MELALUI TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB GANDA DAYA ANANDA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
WIJI_ UPAYA PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Upaya peningkatan perencanaan karir melalui teknik token ekonomi pada siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Ganda Daya Ananda tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah dengan menerapkan teknik token ekonomi dapat meningkatkan perencanan karir siswa tunagrahita ringan di SLB Ganda Daya Ananda Kalasan. Teknik token ekonomi yang diberikan berupa pemberian poin atas keberhasilan mereka dapat menguasai kompetensi pembuatan karya asesoris gelang. Poin-poin yang terkumpul dapat ditukarkan sejumlah rupiah sesuai dengan jumlah poin masing-masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas serta menggunakan model penelitian sebagaimana yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dalam pelaksanaannya meliputi langkah, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data kualitatif siswa dalam proses pembelajaran serta guru dalam mengelola pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan teknik token ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam belajar dengan teknik token ekonomi meningkat yang tergambar pada hasil nilai rata-rata UT, DN dan JT dari nilai 42,22 meningkat menjadi 52,22, kemudian meningkat lagi menjadi 61,11 kemudian meningkat kembali menjadi 84,44 dan yang terakhir 96,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik token ekonomi dalam mata pelajaran keterampilan vokasinal pembuatan gelang dari benang prusik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tunagrahita kelas X SMALB SLB Ganda Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta disertai peningkatan kemampuan perencanaan karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, token ekonomi, perencanaan karir, tunagrahita
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:53
Last Modified: 21 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item View Item