Rika Nur Syafitri, 14144200123 (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
RIKA_EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama untuk mengurangi perilaku bullying siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 7 siswa dari populasi dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil uji t diketahui nilai t = 12,284 dengan nilai p = 0,000< 0,05 berarti pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama berpengaruh untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Diharapkan sekolah dan guru BK dapat melaksanakan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama untuk mengurangi perilaku bullying.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, sosiodrama, bullying. |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 02:34 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:34 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7321 |
Actions (login required)
View Item |