PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SAMIGALUH KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUGENG WIDODO, 13155140010 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SAMIGALUH KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Samigaluh, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang terdiri atas empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pelaksanaan tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil observasi terhadap motivasi belajar siswa secara menyeluruh menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata 60,9 dengan kategori “sedang”, siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,9 dengan kategori “Tinggi”. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mampu meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil belajar IPS pada kondisi awal dengan nilai rata-rata 71,8, siswa tuntas belajar sebanyak sepuluh orang atau 40%. Pada siklus I nilai rata-rata 74,6 siswa yang tuntas 15 orang atau 60 %. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 87,2 dan siswa yang tuntas sejumlah 22 orang atau 88%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, motivasi belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 21 May 2016 03:56
Last Modified: 21 May 2016 03:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item