Eko Budiyono, 11144100067 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIH SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIIIH SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammdiyah I Yogyakarta pada bulan Mei 2015 sampai dengan bulan Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa dan obyek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai sumber yaitu lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket aktivitas, tes prestasi belajar siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan : (1) aktivitas belajar siswa pada materi limas dan kerucut siswa kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dari persentase awal sebelum tindakan sebesar 58,94% dengan kategori kurang menjadi 74,32% pada siklus I dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II dengan kategori tinggi; (2) Prestasi belajar siswa pada materi limas dan kerucut siswa kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dari nilai rata-rata prestasi pra tindakan 59,85 dengan ketuntasan mencapai 14,7% (kategori rendah). Setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 73,42 dengan ketuntasan 55,88% (kategori kurang). Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 81,65 dengan ketuntasan mencapai 88,23% (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, aktivitas belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 09 May 2016 03:50 |
Last Modified: | 09 May 2016 03:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/596 |
Actions (login required)
View Item |