HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Mahnaah, 12144240174 (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan, Pengesahan, Ke.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar di rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2014/ 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 46 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif bimbingan belajar di rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2014/ 2015 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,513 dengan p = 0,000 lebih kecil dari  = 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik pelaksanaan bimbingan belajar di rumah maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pelaksanaan bimbingan belajar di rumah maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan bimbingan belajar di rumah yang efektif dapat meningkatkan perhatian dan keinginan siswa dalam yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sekolah dan guru BK diharapkan berperan aktif dalam upaya pengembangan pelaksanaan bimbingan belajar di rumah melalui kegiatan yang mendukung peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar di rumah, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 04 May 2016 04:26
Last Modified: 04 May 2016 04:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item