STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI GAMBIRAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SELY PRATIWI, 14155140037 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI GAMBIRAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan penerapan strategi pembelajaran IPS di kelas IV, V, VI SD Negeri Gambiran Umbulharjo, Yogyakarta dan (2) menjelaskan alasan penerapan strategi pembelajaran IPS tersebut. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Analitik. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan guru mata pelajaran IPS, dan Siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri Gambiran Umbulharjo, Yogyakarta. Keabsahan data ditentukan dengan cara triangulasi, yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan terkait dengan penerapan strategi pembelajaran IPS. Analisis data yang digunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu mengklasifikasikan data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) strategi yang paling dominan diterapkan di kelas IV, V, VI adalah strategi pembelajaran problem solving yang disesuaikan dengan karakteristik materi yang yang dipelajari. Strategi ini dianggap sudah mencapai proses pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, yang dapat melatih dan membiasakan peserta didik untuk menghadapi masalah secara terampil, serta bisa mengembangkan kemampuan berfikir secara kreatif. (2) Pemilihan strategi pembelajaran problem solving di kelas IV, V, VI karena strategi pembelajaran problem solving bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, selain itu strategi pembelajaran problem solving mampu meningkatkan kemampuan berfikir siswa, dan dengan strategi ini siswa bisa dilatih untuk memecahkan masalahnya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), proses pembelajaran, strategi pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 03 May 2016 04:27
Last Modified: 03 May 2016 04:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item