PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI UNTUK SISWA SD

TEGUH WIBOWO, 08144600117 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI UNTUK SISWA SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...pdf

Download (994kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan geometri dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan geometri. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sumber data terdiri dari pendidikSD kelas V. Subjek penelitian terdiriatas 3 orang pendidik SD kelas V diantaranya SD M Karangbendo, SD 1 Jambidan, dan SD 2 Jambidan, 22 orang peserta didik kelas ujicoba di SD M Karangbendo, dan 31 orang peserta didik kelas penelitian SD 1 Jambidan dan 34 orang peserta didik kelas penelitian SD 2 Jambidan. Data tentang kualitas produk dikumpulkan melalui lembar evaluasi media pembelajaran oleh pendidik, lembar evaluasi media pembelajaran oleh peserta didik, dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menujukan bahwa evaluasi media oleh ahli media bernilai 3.68 dengan kategori sangat baik, serta ahli materi dan pembelajaran bernila i2,66 dengan kategori baik, evaluasi media oleh pendidik SD kelas V bernilai 2,91 dengan kategori baik. Respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran pada kelas uji coba yaitu 3,05 dan respon di kelas penelitian yaitu 3,11 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, geometri, ADDIE
Subjects: Komputer > Komputer Grafis
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 03 May 2016 03:25
Last Modified: 03 May 2016 03:25
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item